Jumat, 07 Juli 2017

Makanan penyebab penyakit jantung

Makanan yang mengandung kalori, lemak, protein, dan garam tinggi tapi rendah serat, membawa konsekuensi terjadinya perubahan status gizi menuju obesitas. Hal tersebut menyebabkan penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes melitus, kanker, hingga hipertensi.
Dilansir Pusat Jantung Nasional Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, berikut adalah daftar makanan yang jika dimakan berlebihan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Daftar makan penyebab penyakit jantung

penyakit jantung

Makanan Olahan Keripik

penyebab penyakit jantung

Makanan ini dapat berpotensi menyebabkan penyakit jantung bila dikonsumsi secara berlebihan. Memang cemilan yang sati ini hampir semua suka, namun kandungan minyak gorengnya berbahaya. Sudah pasti kolesterolnya juga tinggi,maka pilihlah keripik yg sangat kering, minim minyak goreng. Atau jika membuat sendiri coba tiriskan lebih lama dan gunakan alas tissue agar menyerap minyak lebih banyak. Ini dilakukan agar terhindar dari penyakit serangan jantung.

Kuning Telur

penyebab penyakit jantung

Memakan telur beserta kuningnya secara berlebihan dapat meningkatkan jumlah kolesterol yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Seperti yang di ketahui bersama kandungan kuning telur diantaranya kolesterol, meski proteinnya juga tinggi. Jadi mengkonsumsi kuning telur boleh saja asal dalam tahap wajar atau tidak berlebihan.

Garam juga memicu penyakit jantung


Mengonsumsi garam secara berlebih juga dapat memicu penyakit jantung. Yang ini di setiap olahan makanan pasti ada,sekalipun itu olahan makanan dengan rasa manis. Karena garam juga faktor pemicu tekanan darah tinggi,sudah pasti akan beresiko tinggi bagi yang mengidap penyakit jantung. Proporsional adalah kunci untuk mencegah serangan jantung.

Lemak Jenuh


Berbagai makanan seperti daging merah, aneka produk susu, kelapa dan minyak sawit, dapat menyebabkan arteri pada organ jantung mengeras dan menyempit. Penyempitannya akibat kolesterol yang menempel pada pembuluh darah,sehingga aliran darah tidak lancar. Makanan ini memang sangat menggiurkan rasanya, tapi resikonya juga harus di waspadai.

Makanan Manis


Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa menyebabkan penyakit diabetes yang dapat menimbulkan faktor risiko penyakit organ jantung. Diabetes memang rentan merusak seluruh jaringan tubuh, dan organ tubuh. Makanan yang manis juga perlu dikontrol, karena tidak hanya beresiko menjadi penyakit jantung tapi penyakit lainnya juga bisa datang.

Makanan Cepat Saji


Ini mungkin yang paling kita sukai, rasa yang enak,cepat saji,harga terjangkau menjadi alasan untuk memilih makanan cepat saji sebagai pilihan utama. Makanan cepat saji dan dipanggang dapat memicu penyakit jantung dan meningkatkan lemak dalam tubuh.Apalagi jika minyak goreng yang di gunakan sudah berulangkali di gunakan. Namun mudahnya menemukan makanan inilah yang membuat kita sering mengkonsumsinya.

Mencegah penyakit jantung

Setelah kita mengetahui penyebabnya sudah seharusnya kita mengerti solusinya. Kunci utamanya adalah terkontrol,karena makanan di atas bukan tidak boleh di konsumsi, boleh saja tapi dalam batas wajar. Karena dari semua makanan ada zat yang juga di butuhkan oleh tubuh manusia, tidak semua kandungannya merugikan tubuh kita.
Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah berolahraga, karena olah raga mampu membakar kolesterol, lemak jenuh dan melancarkan peredaran darah. Olahraga juga mammpu membuang racun tubuh melalui keringat. Dan banyak lagi manfaat olahraga yang pasti sudah anda ketahui.
Jadi dari pada nanti kita mencari obat penyakit serangan jantung, lebih baik kita menghindari resiko terkena penyakit jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar